Cerita-Cerita Masa Lalu

Mau bagi sedikit cerita tentang masa lalu mumpung lagi #dirumahaja

Kalau mengingat kembali masa-masa di sekolah dasar dulu, dari kelas 1-6, yang paling berkesan buat aku adalah kelas 4.

Kenapa begitu?

Menurutku, guru kelasku asik, walaupun suka kasih PR (pekerjaan rumah). Beliau mengajarkan kami bagaimana caranya menjadi murid yang disiplin, namun bukan dengan menjadi guru yang galak. Disiplin yang dimaksud disini adalah disiplin dalam belajar seperti membaca buku cetak lima halaman per hari, membuat catatan pribadi mengenai poin penting dari setiap hal yang beliau ajarkan, tidak terlambat datang ke sekolah, dan lain sebagainya.

Bagiku, dituntut oleh beliau untuk membaca materi pelajaran pada malam hari sebelum hari esoknya akan diterangkan di kelas bukanlah hal yang tidak-tidak/berlebihan. Namun, hal itu merupakan salah satu cara yang pantas untuk mendidik murid sejak kecil. Bahkan, sejak itu, aku jadi suka membaca buku dan aku bolak-balik ke perpustakaan sekolah untuk meminjam buku.

Bukan hanya tentang belajar saja. Hal lain yang berkesan bagiku di kelas 4 sd adalah saat aku menjadi seorang penari dan tampil di acara sekolah. Aku menari tari tradisional dari salah satu daerah di Indonesia dengan memakai pakaian daerah khas dari daerah tersebut. Aku cukup bangga diriku saat itu, sekaligus bangga dengan negara Indonesia yang kaya akan budayanya.

Apakah kalian punya kenanangan sewaktu di sekolah dasar yang tidak bisa dilupakan?

0 Comments