Awal Mula Berkecimpung di Dunia Seni Musik

Awal mula aku bisa berkecimpung di dunia musik bukanlah suatu hal yang aku sengajakan. Sewaktu aku masih kecil, sekitar umur 3 tahun, saat aku ditanya apa cita-citaku, aku menjawab dengan spontan "aku mau jadi penyanyi". Tapi, hal itu tidak membuat kedua orang tuaku langsung mendaftarkanku untuk ikut kursus vokal. Justru, aku didaftarkan untuk ikut kursus menggambar dan berenang.

Setelah aku berusia 5 setngah tahun, aku sudah berhenti untuk mengikuti kursus menggambar dan berenang. Kedua orang tuaku langsung mendaftarkanku untuk ikut kursus musik (piano dan vokal) untuk anak-anak tanpa memikirkan apakah aku suka atau tidak. Pada saat itu, aku hanya iya iya saja. Aku tidak terlalu menikmati. Bahkan, di ujian kenaikan tingkat pertamaku, aku sempat asal menjawab satu soal ujian. Aku tidak berharap aku bisa lulus dari ujian kenaikan tingkat pertamaku. Aku hanya pasrah saja.

Namun, apa yang terjadi dengan ujian kenaikan tingkat pertamaku? Aku lulus dengan nilai yang lumayan oke. Aku hanya asal menjawab satu pertanyaan saja. Sejak itu, kedua orang tuaku menasihatiku untuk meneruskan kursus musik yang aku jalani agar aku bisa punya bakat atau keahlian diluar mata pelajaran yang aku terima dari sekolah. Dengan kata lain, andaikata nilai raporku hanya sebatas lulus standar saja, aku bisa menjadi seorang pemain piano.

Waktu terus berjalan. Ternyata, prestasiku di sekolah tidak buruk. Aku masih mebdapatkan prestasi dalam range 50% keatas seangkatan. Guru di sekolahku yang mengatakan langsung kepadaku. Aku juga menemukan keinginan pribadiku untuk meneruskan pendidikan di tingkat universitas dalam bidang teknologi informasi (re: IT). Jadi, aku mengesampingkan keahlianku dalam bidang musik.

Walaupun begitu, tentu saja aku tidak pernah melupakan atau berhenti dari dunia musik. Sekalipun alat musik yang aku miliki rusak dama waktu yang lama, aku tetap menekuni dunia musik. Aku mengaransemen beberapa lagu melalui sebuah aplikasi pada laptopku. Aku menulis partitur not demi not pada aplikasi itu.

Jadi, aku tidak hanya bisa bermain piano saja. Aku bisa mengaransemen lagu, membuat partitur berdasarkan pendengaran pribadiku, bernyanyi, dan menulis lagu sendiri, walaupun aku tidak terkenal dan aku hanya seorang musisi yang masih amatir.

0 Comments