Soto Betawi/Soto Jakarta

 SOTO BETAWI / SOTO JAKARTA


Hi guys!

Kalau dulu, aku masak gak menentu harinya. Kadang hari biasa, kadang weekend. Nah, mulai akhir tahun 2016 aku lebih banyak masak di hari Sabtu/Minggu karena setiap hari Senin-Jumat kerja.

Nah, kali ini aku mau bahas mengenai salah satu masakan terkenal yang berasal dari kota Jakarta, kampung halaman mamaku dan kota tempat aku dilahirkan. Makanan ini bernama Soto Betawi atau yang juga dikenal dengan nama Soto Jakarta.

Kalau kalian lihat foto mangkuk yang aku pajang di atas, kalian pasti bertanya-tanya apa itu. Yup, itu adalah foto dari semangkuk soto betawi yang aku masak sendiri. Kalau kamu pergi ke pasar dan membeli bumbu halus yang biasa dijual di lapak, kamu akan pusing. Kenapa? Karena campuran bumbu halus untuk sekali masak soto betawi itu banyak banget. Aku sendiri belum hafal apa saja. Eits, tenang saja! Sudah ada cara yang lebih mudah untuk memasak soto betawi. Sekarang, di supermarket (misal: Lottemart) sudah dijual bumbu instan untuk soto betawi ini (biasanya hanya dijual bumbu instan untuk soto ayam). So, kita bisa mencoba untuk memasak makanan ini.

Bahan-bahan yang digunakan tidak hanya air, bumbu soto, dan juga potongan daging sapi. Masih ada beberapa bahan lain yang perlu kamu siapkan. Kali ini, aku akan memberikan resepnya.

Bahab-bahan:
- 250 gram daging sapi, iris tipis (jangna terlalu tebal)
- 1 bungkus santan instan (65 ml)
- 1 bungkus bumbu instan soto betawi (merek bamboe)
- air untuk merebus
- 3 lembar daun jeruk
- 2 sendok makan kecap asin
- 1 kentang (potong berbentuk segitiga kecil)

Langkah-langkah:
1. Rebus daging, kentang, dan daun jeruk bersamaan sampai daging empuk.
2. Masukan 1 bungkus bumbu instan soto betawi. Aduk sebentar, lalu tunggu selama 5 menit.
3. Masukan 1 bungkus santan instan. Aduk selama lima-enam menit (tidak boleh berhenti aduk santen karena santen bisa pecah)
4. Jika kurang asin, masukan kecap asin. Aduk sebentar.
5. Sajikan ke dalam mangkuk. Bisa tambahkan potongan daun bawang dan air jeruk limau.

Selamat mencoba!

0 Comments