#21 Minta Maaf Ketika Situasi Tidak Baik

Hubungan tanpa ada sedikit masalah itu, mustahil bukan? Sangat tidak mungkin terjadi. Sekecil apapun masalah, pasti ada.

Untungnya, aku sampai detik ini belum pernah punya masalah dengan pasanganku yang sampai parah. Sebisa mungkin apa masalahnya, kami selesaikan di hari itu. Ini mindset kami.

Nobody's perfect. Tinggal bagaimana kami saling mengerti dan melengkapi satu sama lain. Kadang, masalah kecil datang karena salah satu dari kami lalai, atau sedang bad mood. Kami terus belajar dalam menghadapi appapun masalah kami.

Aku senang, ketika suasana sedang tidak baik, dia langsung menghampiriku. Minta maaf dengan intonasi lembut. Bukan intonasi kasar dan nada tinggi. Sambil minta maaf, dia merangkulku atau menggenggam tanganku. Menatapku, mengucapkan "sorry ya bae" lebih dari satu kali. Paket lengkap menurutku. Atittutedenya oke banget.

Aku bukan mau membandingkan pasanganku dengan orang lain yang pernah dekat denganku. Tapi kalau boleh jujur, aku belum pernah dekat dengan pria lain yang langsung minta maaf tanpa balik menyalahkan atau menganggap dirinya paling benar. Aku terus mempertahankan pasanganku saat ini walaupun kadang-kadang kami ada masalah kecil karena menurutku, masalah-masalah itu masih dalam batasan wajar dan dia mampu untuk memadamkan suasana di hari itu. Aku juga tidak mau egois untuk mendapatkan pasangan yang sempurna tanpa pernah ada sedikitpun masalah diantara aku dan pasanganku. Aku berusaha untuk mengerti dan menerima pasanganku, seperti bagaimana pasanganku mau mengerti dan menerimaku.

Jadi menurutku, minta maaf saat ada masalah itu sangat penting, jika merasa ada salah. Jangan menunggu pasangan kita yang mulai minta maaf, apalgi kalau bukan dia pembuat masalahnya.

Comments

Popular Posts