Bagaimana Aku Membagi Waktuku

Mungkin banyak dari kalian yang penasaran sejak dulu tentang bagaimana aku bisa membagi waktuku mulai dari jaman masih kuliah sampai sekarang. Bagaimana aku tidak pernah telat dalam mengumpulkan tugas kuliah, bagaimana aku mengatur stress, bagaimana aku memperdalam hal yang aku suka diluar kuliah dan bekerja, dan sebagainya.

Mari aku jelaskan

Aku bukan tipe orang yang sering mengulang materi kuliah tepat setelah pulang dari kampus. Aku punya caraku sendiri. Aku meluangkan waktuku sekitar 1-1.5 jam di waktu senggang (tidak setiap hari, mungkin seminggu 2x) untuk searching di internet mengenai hal yang berhubungan dengan materi kuliahku. Yang tentu saja tidak ada di dalam buku kuliahku. Atau aku membaca buku yang tidak wajib untuk dibeli dari universitasku. Lalu, bagaimana dengan buku wajib yang diharuskan dibeli itu? Tentu saja aku baca, namun waktunya berbeda. Aku akan baca saat ada tugas atau dalam pekan ujian saja. Kenapa begitu? Karena kemungkinan soal ujian diambil dari buku itu dan aku ingin menambah ilmu dari sumber lain di waktu senggangku. Jadi, ada waktunya masing-masing.

Selain itu, soal tugas aku usahakan agar tidak kena deadline. Dan juga, yang penting adalah "jangan copy paste pekerjaan orang lain kecuali tugas kelompok". Ini bertujuan supaya terlatih mandiri dan mengerti dengan materinya. Walaupun aku menjawab soal tugas dengan asal (karena tidak tau), ya sudahlah. Memang segitu kemampuanku. Aku pernah kok baca hasil tugas teman kuliah. Siapa sih yang gak permah baca jawaban tugas teman? Tapi bukan mau nyontek. Aku ambil intinya, lalu dikembangin dengan kata-kata sendiri, ditambah dengan hasil penemuan dari buku/artikel yang dicari sendiri.

Lalu, bagimana dengan diriku yang bisa membuat beberpaa novel, lagu, aransemen lagu, membuat cover lagu, bahkan masih sempet nonton k-drama?
Semua ada waktunya. Disaat sedang tidak ada tugas dan ujian, aku mencari k-drama yang asik, lalu aku tonton perlahan. Lalu, di hari Minggu atau saat libur pergantian semester, aku membuat novel dan lagu. Untuk cover lagu, aku melakukannya sesempatnya saja.

Jadi jika ada hari kosong di masa kuliahku, kurang lebih kegiatanku begini:
Bangun pagi sekitar jam 1/2 7 atau jam 7. Sarapan (as always), bisa masak sendiri atau sudah dimasakin mamaku. Lalu sekitar jam 10, mengerjakan tugas kuliah. Lalu, aku masak makan siang sekitar jam 11. Jam 12, makan siang. Sekitar jam 1, mungkin aku main game/nonton k-drama. Nah, jam 2 siang, kadang aku tidur siang 1 jam atau cari lagu untuk di cover. Sorenya jam 4, main dengan kucing atau membuat makan malam. Jam 6, makan malam. Jam 7, melanjutkan tugas (kadang diskusi online dengan teman). Jam 8, kadang nonton k-drama, chatting sama temen, main game, atau membuat cover lagu.  Sekitar jam 10 atau jam 1/2 10 malam, tidur. Ini jika sedang tidak dalam masa ujian ya...

Sekarang kan aku sudah bekerja. Dari Senin - Jumat jam 8 - 5. Lalu, bagaimana mengatur waktu?

Biasanya sepulang kerja, setelah makan dan mandi, kadang cari ide untuk membuat novel dan lagu. Untuk cover lagu, biasanya di hari Sabtu. Sekarang sih udah lebih jarang nonton k-drama. Tapi kalau ada k-drama yang lagi pingin ditonton, aku tonton setelah pulang kerja. 1 hari maksimal 2 episode. Atau, sewaktu jam istirahat hari jumat.

Belakangan ini sudah jarang nonton k-drama. Lebih sering liat v-log di youtube karena aku ingin merawat diri dan mulai memakai skin care dan make up. Aku dulu sering mengabaikan itu, dan ternyata memakai skin care itu juga penting. Aku jadi berjerawat dan merah-merah di wajah akibat menyepelekan skin care.

Apakah ada rencana untuk membuat novel baru lagi, disaat sudah sibuk bekerja? Tentu saja ada, tetapi tidak dalam waktu dekat ini. Doakan yang terbaik saja. Amin....

2 Comments