Alasan Kenapa Nonton Drama Korea

Inilah beberapa alasan kenapa nonton drama korea:

1. Jalan cerita tidak bertele-tele
Tidak seperti drama di Indonesia yang episodenya 100 atau lebih. Drama korea ada yang 12 episode, 16 episode, 20 episode, 25 episode dengan durasi per episode 60 menit atau 32 episode, 40 episode, atau lebih dengan durasi per episode 30 menit. Ada yang lebih dari 60 episode dengan durasi per episode 60 menit, tetapi sedikit dan tidak bertele-tele. Memang jalan ceritanya panjang dan kompleks.

2. Cerita yang menyentuh hati/menyentuh emosi
Cerita pada drama korea dapat mempengaruhi emosi/perasaan karena adegan-adegan tertentu yang kuat. Misalnya drama bergenre romansa. Kita sebagai penonton, akan mudah merasa meleleh/terpukau ketika ada adegan romantis antar kedua pemeran utama. Begitu juga dengan drama bergenre action dan horor. Adegan dari para pemerannya begitu kuat, sehingga penonton sangat yakin dengan genre tersebut.

3. Pemeran yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng
Ini bukan alasan utama, tetapi bagi sebagian orang, ini adalah alasannya. Bahkan, bila ada pemeran yang berasal dari boyband atau girlband, terutama yang menjadi visual, pasti lebih membuat sebagian orang tertarik untuk nonton, walaupun sebenarnya jalan ceritanya kurang menarik.

4. Lokasi syuting menarik
Ada beberapa judul drama yang membuat orang tertarik karena lokasi syuting yang menarik, bahkan karena lokasi itu, jalan cerita semakin membekas dihati. Misalnya drama Descendants of the Sun yang mengambil lokasi di Uruk (sebenarnya di suatu bagian di korea dengan nama xxx (lupa)). Pantai yang begitu bagus membuat orang ingin menonton episode itu.

5. Jalan cerita yang tidak mudah untuk ditebak
Hampir semua drama korea (yang sudah saya tonton) memiliki jalan cerita yang relatif sulit untuk ditebak ketika belum sampai setengah cerita. Kalaupun saya mendapatkan clue dan tau kira-kira bagaimana akhir ceritanya, jalan cerita tetap dikemas dengan sangat menarik dan penuh teka-teki, sehingga saya tidak bosan dan tetap bersemangat untuk menonton episode selanjutnya.

*alasan bisa berubah atau bertambah, seiring berjalannya waktu karena artikel kali ini masih dalam tahap penelitian.

0 Comments